Menakertrans: Buruh Minta Gaji Lebih Tinggi dari PNS

Sumber: Okezone

JAKARTA – Kalangan buruh meminta upah minimum provinsi untuk Jakarta dapat melampaui Rp3 juta. Namun, hal ini ditentang keras oleh pengusaha.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhamad Hanif Dhakiri menjelaskan, UMP yang diminta buruh tersebut sangat tidak realistis. Pasalnya, angka tersebut berarti lebih besar dari pegawai negeri sipil (PNS) golongan 3A. Oleh karena itu, dia meminta para buruh tidak hanya memikirkan kenaikan upah saja, tapi juga memikirkan perusahaan.

“Pengusaha memang berkewajiban membayar upah. Pekerja dituntut untuk produktivitas. Produktivitas tidak hanya skill, tapi juga keyakinan, etos kerja dan motivasi,” katanya di kantor Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Senin (1/12/2014) malam. 

Dia menjelaskan, penetapan upah minimum bukan hanya mempertimbangkan Kualitas Hidup Layak (KHL), namun juga mempertimbangkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi. Pasalnya, komponen KHL tidak harus menjadi tanggungan pengusaha, namun juga tanggung jawab pemerintah, seperti pendidikan dan perumahan.

“Kalau kita hanya berfokus di sini, jadinya bakal alot. Bakal kita cari jalan keluar untuk upah, mungkin pakai skala upah,” tambah dia.

Meski demikian, dia mengatakan hal ini bukan berarti dia lebih memihak kepada pengusaha. Menurutnya, hal ini dilakukan demi kelangsungan industri di Indonesia.

“Saya bukan orang yang pro terhadap pengusaha, juga pekerja, tapi saya pro terhadap industri nasional. Apa yang saya pikirkan, mungkin bakal menjadi apa yang saya lakukan” ujar dia.

Advertisements

Published by

Indah Budiarti

Indah Budiarti, bekerja untuk Public Services International (www.world-psi.org) sebagai Organising and Communication Coordinator untuk kantor Asia dan Pasifik. Dia memegang pekerjaan ini sejak bulan April 2007 sampai sekarang. Dia juga bertanggung jawab untuk kegiatan dan aktifitas pekerja muda bagi anggota organisasi ini di wilayah Asia dan Pasifik. Sebelumnya dia adalah PSI Coordinator for Indonesia mulai bulan September 1999 sampai dengan Maret 2007. Dan beliau juga merangkap sebagai Project Coordinator untuk PSI/SASK/JHL Trade Union Development Project for Indonesia 2005-2007. Dia adalah alumni Program Master Kebijakan Buruh dan Globalisasi di Global Labour University Jerman (2009/2010). Isi tulisan dari blog ini adalah tanggungjawab dia dan bukan merupakan pernyataan atau nilai dari organisasi dimana dia bekerja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s