ILO Publikasikan “Trade and Employment: Country Report for Indonesia 2013”

Sumber: Warta Ekonomi

WE.CO.ID – Reformasi dan keterbukaan perdagangan memiliki dampak yang besar terhadap ketenagakerjaan, khususnya di negara-negaraberkembang. Sejalan dengan semakin tergantungnya perekonomian Indonesia terhadap perdagangan, dampak perdagangan terhadap ketenagakerjaan di Indonesia menjadi isu penting serta kekhawatiran besar di negara ini.

Untuk mengkaji secara lebih lanjut permasalahan terkait dengan perdagangan dan ketenagakerjaan, Organisasi Perburuhan Internasional (International Labour Organization/ILO) meluncurkan publikasi baru bertajuk“Trade and Employment: Country Report for Indonesia”pada Kamis, 4 Juli 2013, di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta. Peluncuran ini diselenggarakan oleh ILO melalui Proyek Mengkaji dan Menanggulangi Dampak Perdagangan terhadap Ketenagakerjaan (ETE)”, yang didanai Uni Eropa.

Laporan ini menyoroti hubungan antara perdagangan dan ketenagakerjaan di Indonesia dalam penyusunan kebijakan nasional. Laporan pun disusun berdasarkan studi-studi yang dilakukan Proyek ILO-ETE di Indonesia serta diskusi yang diselenggarakan dalam pertemuan-pertemuan Policy Working Group ETE di Indonesia. 

Selanjutnya, laporan menekankan pada perlunya Indonesia mengambil langkah-langkah yang tepat guna mengurangi biaya penyesuaian dari perdagangan bebas.Laporan pun menekankan pada kebutuhan akan kebijakan-kebijakan tambahan untuk meningkatkan kapasitas penawaran negara, yang akan memerlukan perbaikan besar dalam infrastruktur fisik, produktivitas kerja yang lebih tinggi dan tata kelola ekonomi yang lebih baik.

“Kami berharap temuan-temuandalam laporan ini akan bermanfaat bagi pihak-pihak terkait, terutama para pembuat kebijakan dan mitra sosial di Indonesia. Kami pun berharap laporan ini dapat mendorong diskusi dan berkontribusi pada reformasi kebijakan demi pembangunan yang inklusif dan kaya lapangan kerja di Indonesia,” ujar Michiko Miyamoto, Deputi Direktur ILO di Indonesia, mengomentari peluncuran publikasi terbaru ini.

Peluncuran ini juga menandai berakhirnya Proyek ILO-ETE di Indonesia. Selama empat tahun, proyek ini telah memberikan analisis dan dukungan terhadap penyusunan kebijakan-kebijakan perdagangan dan pasar kerja yang efektif dan terpadu guna menyikapi tantangan-tantangan yang dihadapi para pekerja dan pengusaha serta memperluas kesempatan penciptaan lapangan kerja yang layak.

Para pembicara dan pembahas dalam seminar ini mencakup, antara lain, Rahma Iryanti, Direktur Ketenagakerjaan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Djuharsa, Kepala Badan Riset dan Informasi, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Said Iqbal, Presiden KSPI, Anton Supit, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Peter McCawley, pakar perdagangan dan ketenagakerjaan dari SEADI, Padang Wicaksono dari Universitas Indonesia.

Advertisements

Published by

Indah Budiarti

Indah Budiarti, bekerja untuk Public Services International (www.world-psi.org) sebagai Organising and Communication Coordinator untuk kantor Asia dan Pasifik. Dia memegang pekerjaan ini sejak bulan April 2007 sampai sekarang. Dia juga bertanggung jawab untuk kegiatan dan aktifitas pekerja muda bagi anggota organisasi ini di wilayah Asia dan Pasifik. Sebelumnya dia adalah PSI Coordinator for Indonesia mulai bulan September 1999 sampai dengan Maret 2007. Dan beliau juga merangkap sebagai Project Coordinator untuk PSI/SASK/JHL Trade Union Development Project for Indonesia 2005-2007. Dia adalah alumni Program Master Kebijakan Buruh dan Globalisasi di Global Labour University Jerman (2009/2010). Isi tulisan dari blog ini adalah tanggungjawab dia dan bukan merupakan pernyataan atau nilai dari organisasi dimana dia bekerja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s