SPBI Siap Berjuang Sampai Pengadilan

Sumber: Tribunnews

TRIBUNNEWS.COM NUNUKAN- Serikat Pekerja Borneo Indonesia (SPBI) siap mendampingi 14 karyawan perusahaan tambang emas PT Sago Prima Pratama untuk mendapatkan hak-haknya sebagai karyawan tetap.

Sekretaris Jenderal SPBI Imral Gusti mengatakan, sebelumnya pihaknya telah mencoba langkah mediasi antara pihak perusahaan dan karyawan di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan TrnasmigrasiNunukan pada 27 Mei 2013.

“Sehari kemudian muncul surat. Kita masih melihat itikad baik perusahaan untuk menerima 14 orang menjadi karyawan tetap. Mereka tidak menuntut kenaikan upah, hanya menuntut menjadi karyawan tetap dengan dasar enam tahun bekerja,” ujarnya.

Imral mengatakan, selain sudah lama bekerja di perusahaan itu, 14 karyawan ini merupakan tenaga kerja lokal.

“Pemerintah saat ini membuka kesempatan kepada putra putri daerah untuk bekerja. Yang mereka dapatkan perlakuan pihak perusahaan yang sewenang-wenang melakukan pemutusan hubungan kerja,” ujarnya.

SPBI menilai, ada pelanggaran Undang-Undang Nomor 13/2003 tentang Ketenagakerjaan yang dilanggar pihak perusahaan. 

“Karena itu SPBI  akan memperjuangkan hak kawan-kawan buruh sampai tingkat pengadilan. Kita sudah siapkan tim pengacara. Ini sudah persoalan memperjuangkan hak. Sampai saat ini teman-teman yang tadinya dipersilakan kerja, seharinya muncul surat skorsing kemudian desakan PHK. Ini sudah tidak mengindahkan kesepakatan 27 Mei di Dinsosnakertrans,” ujarnya.

Para buruh juga siap berjuang bersama SPBI. Bahkan mereka akan mendatangi DPRD Nunukan dan mendirikan tenda untuk bermalam menuntut haknya.

Imral mengatakan, para buruh berpegang pada kesepakatan 27 Mei 2013, yang meminta mereka diangkat menjadi karyawan tetap. Mereka menolak pemutusan hubungan kerja dan pesangon.

“Kan ini juga menjadi lucu. Setelah mereka di PHK, bisa diterima kembali bekerja dengan status karyawan harian lepas. Jadi boleh PHK, terima pesangon setelah itu kerja lagi,” ujarnya.

Advertisements

Published by

Indah Budiarti

Indah Budiarti, bekerja untuk Public Services International (www.world-psi.org) sebagai Organising and Communication Coordinator untuk kantor Asia dan Pasifik. Dia memegang pekerjaan ini sejak bulan April 2007 sampai sekarang. Dia juga bertanggung jawab untuk kegiatan dan aktifitas pekerja muda bagi anggota organisasi ini di wilayah Asia dan Pasifik. Sebelumnya dia adalah PSI Coordinator for Indonesia mulai bulan September 1999 sampai dengan Maret 2007. Dan beliau juga merangkap sebagai Project Coordinator untuk PSI/SASK/JHL Trade Union Development Project for Indonesia 2005-2007. Dia adalah alumni Program Master Kebijakan Buruh dan Globalisasi di Global Labour University Jerman (2009/2010). Isi tulisan dari blog ini adalah tanggungjawab dia dan bukan merupakan pernyataan atau nilai dari organisasi dimana dia bekerja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s