Disnakertrans: banyak perusahaan Babel tak jalankan PKB

Sumber: Antara

Pangkalpinang (ANTARA News) – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Didik Suprapto mengatakan, banyak perusahaan di provinsi itu tidak menjalankan Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

“Ada beberapa perusahaan yang sudah menjalankan PKB, tapi banyak sekali yang belum karena perusahaan-perusahaan tersebut belum memiliki Pengurus Unit Kerja (PUK),” kata Didik di Pangkalpinang, Selasa.

Didik mengatakan, pihaknya terus mendorong terbentuknya PKB antara perusahaan dengan pekerja atau buruh guna menyeimbangkan antara hak dan kewajiban. 

“PKB disepakati antara perusahaan dengan pekerja dan dalam penerapannya, masing-masing pihak saling mengontrol atau meningatkan, oleh karena itu penting adanya PKB,” kata dia.

Dengan adanya PKB yang jelas, Didik mengatakan konflik antara buruh dan perusahaan akan dapat dihindari.

“PKB akan mengatur hak-hak dan kewajiban antara perusahaan dan pekerja, misalnya perusahaan berkewajiban membayar upah, memberi bonus, uang lembur, cuti, dan kesejahteraan lainnya sesuai prestasi pegawainya, sebaliknya, pekerja selain menerima hak juga berkewajiban menjalankan tugas sesuai bidangnya dengan menunjukkan etos kerja yang tinggi,” kata dia.

Oleh karena itu, Didik mengatakan pihaknya mendorong pekerja untuk membentuk PUK dalam perusahaan-perusahaan agar PKB dapat terlaksana dengan baik. (I027/Z002)

Editor: B Kunto Wibisono

Advertisements

Published by

Indah Budiarti

Indah Budiarti, bekerja untuk Public Services International (www.world-psi.org) sebagai Organising and Communication Coordinator untuk kantor Asia dan Pasifik. Dia memegang pekerjaan ini sejak bulan April 2007 sampai sekarang. Dia juga bertanggung jawab untuk kegiatan dan aktifitas pekerja muda bagi anggota organisasi ini di wilayah Asia dan Pasifik. Sebelumnya dia adalah PSI Coordinator for Indonesia mulai bulan September 1999 sampai dengan Maret 2007. Dan beliau juga merangkap sebagai Project Coordinator untuk PSI/SASK/JHL Trade Union Development Project for Indonesia 2005-2007. Dia adalah alumni Program Master Kebijakan Buruh dan Globalisasi di Global Labour University Jerman (2009/2010). Isi tulisan dari blog ini adalah tanggungjawab dia dan bukan merupakan pernyataan atau nilai dari organisasi dimana dia bekerja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s